Wednesday, June 17, 2020

Ibadah Lebih Mudah, Berikut Tips Memilih dan Harga Kambing Qurban Untuk Idul Adha

Mendekati hari raya Idul Adha tentu banyak sekali yang menjual hewan qurban. Ada beberapa hewan yang bisa dijadikan hewan qurban mulai dari sapi hingga kambing. Namun jika anda memiliki budget yang rendah, anda bisa memilih membeli hewan kambing. Meskipun harga kambing qurban ada yg murah dan ada yg mahal tapi anda tetap harus memilih kambing yang berkualitas. Nah yuk simak tips memilih kambing qurban berikut.

Tips Memilih Kambing Qurban yang Berkualitas
1 Perhatikan Usia Hewan
Hewan qurban yang baik adalah dengan memperhatikan usia dari kambing tersebut. Umumnya kambing dan domba adalah 12 bulan untuk kambing dan domba. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan adalah melihat catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemiliknya. Selain itu anda juga bisa menggunakan metode cek gigi untuk yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal.

2. Memiliki Nafsu Makan yang Baik
Kesehatan dari hewan qurban adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan. Selalu pastikan jika hewan qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata yang bersinar dan bulu tidak kusam. Akan lebih baik lagi jika anda menanyakan mengenai surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH sebagai acuan untuk mengetahui kesehatan hewan tersebut. Perhatikan pula harga kambing qurban sebelum membelinya.

Tak hanya memiliki nafsu makan yang baik, kambing yang hendak diqurbankan juga harus memiliki fisik yang sehat. Jangan sampai anda membeli hewan qurban yang cacat dan membuat hewan Qurban tidak sah seperti buta. Jangan membeli hewan qurban yang memiliki sakit, pincang dan sangat kurus sehingga tidak memiliki sumsum tulang. Apabila hewan qurban tidak sah, hewan tersebut memiliki status sebagai daging biasa bukan menjadi daging qurban.

3. Memilih Tempat yang Akan Dibeli
Memilih tempat yang akan dibeli , tentu menjadi hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai anda membeli hewan qurban yang diternak di tempat pembuangan sampah. Hal ini karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengkonsumsinya. Pilihlah tempat penjual yang mematok harga kambing qurban dengan wajar dan sesuai kualitas tempat ternak yang bersih dan jauh dari polusi udara.

4. Memperhatikan Tiap Organ Kambing
Saat anda sudah tiba di lokasi pembelian, anda harus memperhatikan organ organ yang ada pada tubuh kambing seperti mata, hidung dan anus. Selain kambing yang memiliki nafsu makan yang baik dan tidak cacat, ada baiknya perhatikan setiap organ tubuh kambing qurban. Ciri hewan yang sehat adalah memiliki kelopak mata yang berwarna pink dan tidak memiliki mata kuning dan pucat.

Selain itu yang paling penting adalah memperhatikan proporsi tubuh yang standard an memiliki tanduk yang seimbang. Kambing yang memiliki porsi tubuh yang ideal juga memiliki kombinasi perut, kaki depan dan belakang kepala, dan leher yang seimbang. Sementara untuk organ anus sendiri, apabila anus kotor maka kemungkinan besar hewan kambing mengalami diare.

5. Sesuaikan dengan Kemampuan Anda
Selain hewan qurban harus sehat dan bersih, hal lain yang tak kalah penting adalah membeli hewan qurban sesuai dengan budget anda. Seperti diketahu harga kambing qurban sangatlah beragam. Anda bisa memilih hewan yang sehat dan sesuai dengan kemampuan kantong anda. Karena pada dasarnya berkurban bukanlah suatu keterpaksaan namun kerelaan dati tiap umat yang mampu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih hewan qurban yang berkualitas. Anda bisa menemukan banyak sekali penjual hewan qurban di pinggir jalan. Namun usahakan untuk memperhatikan secara seksama kambing kambing yang dijual tersebut. Yang paling penting dalam melakukan qurban adalah niat untuk membeli hewan bukan niat pamer atau niat lainnya.
Designed By